Minggu, 02 Juni 2013

BENTUKLAH HARI ANDA



BENTUKLAH HARI ANDA

EXILE (AL-HASYR)
“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memerhatikan apa yang dipersipkan untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.175  

MUHAMMAD (SAW)
Barang siapa yang memasuki waktu pagi dengan perasaan aman dalam batinnya, sehat badannya, mempunyai makanan untuk hari itu, maka seakan-akan dunia dengan segala isinya digiring kearahnya.176

Dalam Peta Kehidupan, Allah (Swt) menyeru hamba-hamba-nya yang beriman agar selalu memperhatikan apa yang dipersiapkan mereka untuk hari esok (hari akhirat). Sebuah pesan sederhana tapi menyimpan hikmah yang sangat luar biasa dalam kaitannya dengan hukum tarik-menarik, Cetak Biru Ilahi mengajarkan bahwa hari esok anda tidak mungkin bisa dipersiapkan, jika anda tidak membentuknya sejak hari ini. Masa depan anda tidak ditentukan besok, tapi hari ini. Baik atau buruknya hari esok anda ditentukan sekarang. Jika hari ini anda menanam perbuatan baik, maka hari esok anda akan menuai hasil dari perbuatan baik anda. Namun jika hari ini anda memananam perbuatan buruk, maka hari esok anda akan menuai hasil dari perbuatan buruk anda sendiri. Inilah Rahasia sehari yang pernah saya sebutkan di kajian sebelumnya. Untuk menjadi hamba Allah (Swt) yang baik, anda tidak perlu berniat sekali seumur hidup, atau sejak hari ini dan selamanya. Tidak! Anda tidak perlu melakukan niat seperti ini! Tapi cukup one day at a time.
Untuk berbuat baik, cukup diniatkan setiap pagi saja. Lalu ucapkan niat itu sampai menjelang tidur di malam hari. Banyak program pembinaan akhlak yang gagal karena sedari awal, mereka dipaksa untuk berniat selama empat puluh hari, enam bulan, setahun dan seterusnya. Membangun pengabdian yang ikhlas kepada Allah (Swt) tidak bisa dilakukan dengan cara-cara seperti itu. Tapi bentuklah hari anda one step at a time.
Bisakah diri anda untuk berniat mengabdi kepada Allah (Swt) setiap pagi. Kerahkan seluruh pikiran (energy aktif), jiwa dan fisik anda untuk beraktivitas sebaik mungkin pada pagi hari. Baik urusan dunia anda, maupun akhirat anda. Kukuhkan niat anda sejak pagi hari sampai menjelang tidur di malam harinya. Bulatkan tekad anda bahwa hari ini anda akan berkata jujur, menolong orang dan bersadaqah semampu anda, shalat tepat waktu, menepati janji, membaca Al-Qu’an dan lain sebagainya. Jadilah orang yang bertaqwa selama sehari!
Buatlah jadwal aktivitas pada pagi hari dan berilah judul sesuka anda seperti  Niat hari ini karena Allah (Swt).” Bagilah jadwal sehari itu menjadi dua kolom seperti contoh di bawah ini,
ü Kolom ibadah khusus
ü Kolom ibadah umum (mu’amalah)
  
Niat Hari Ini Karena Allah (Swt)
Jam
Ibadah khusus
Ibadah Umum
04.00 - 05.00
Tilawah Al-Qur’an 10 ayat
Shalat Subuh, berdo’a, zikir

05.00 - 06.00

Sarapan, mandi
06.00 - 07.00

kekantor/sekolah atau
kuliyah (tergantung profesi
anda).
07.00 - 08.00
Ke Masjid/Mushalla untuk infaq
(Semampu anda) sebelum masuk
Kerja/sekolah atau kuliyah.


Biasakan diri anda untuk melakukan aktivitas mampu anda, baik yang terkait urusan dunia anda ataupun akhirat anda. Jangan melakukan aktivitas yang terpaksa atau cenderung di paksakan. Entah itu wirid 10.000 kali, mengaji suatu surat panjang atau lainnya. Tapi cukup niatkan di pikiran dan hati anda untuk berusaha mengingat Allah (Swt) selama sehari, baik dalam bentuk zikir, seperti shalawat kepada Nabi (Saw) dan keluarganya, atau lainnya.
Jauhkan diri anda dari perbuatan yang sia-sia. Jika punya waktu lenggang, gunakan untuk membaca do’a, buku agama ataupun umum, bersilaturrahmi pada saudara dan lain sebagainya. Artinya, cukup optimalkan hari anda selama sehari semampu anda dan manfaatkan waktu sebaik-baiknya. Intinya, bentuklah hari anda selama satu hari dengan niat yang baik, jiwa yang cinta dan tulus kepada Allah (Swt) (semampu anda), dan lakukan amal yang di ridhai Allah (Swt).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar